Rabu, 04 Februari 2015

Menyusuri Jejak Sejarah Kota Jakarta Di Museum Fatahillah


Kawasan wisata Kota Tua Jakarta merupakan salah satu objek wisata Jakarta yang selalu ramai di kunjungi para Wisatawan, tak heran jika Kota Tua di jadikan Landmark Kota Jakarta yang banyak menyimpan wisata sejarah Kota Jakarta  salah satunya di Museum Fatahillah Jakarta.

Museum Fatahillah atau di sebut juga dengan Museum Sejarah Jakarta ini lokasinya berdekatan dengan Stasiun Kota Jakarta, Museum Fatahillah merupakan bagian yang tak dapat di pisahkan dari jejak sejarah Kota Jakarta.

Di Jaman penjajahan VOC Belanda, Museum Fatahillah di gunakan sebagai Balai Kota dan sering di jadikan tempat pertemuan para petinggi VOC, tempat inipun sering di manfaatkan sebagai Ruang Pengadilan dan Penjara Bawah Tanah bagi para Tahanan Politik.

Sementara itu di bagian luar Bangunan Museum yang sekarang menjadi Lapangan Museum fatahilah dahulunya merupakan tempat mengeksekusi para Tahanan yang ada di Penjara bawah tanah, dan terdapat Meriam berukuran besar yang terkenal dengan nama Meriam Si Jagur.

Museum Fatahillah yang merupakan Museum terbesar di Jakarta ini memiliki bangunan yang terdiri dari Tiga lantai,  di dalam Ruangan Museum banyak terdapat koleksi benda – benda bersejarah yang jumlahnya mencapai 25 ribu koleksi benda bersejarah, di antaranya ada Prasasti Batu Kuno, Meriam, Patung Dewa – Dewi, Koleksi Mebeul Antik, Keramik peninggalan masa Belanda, Gerabah dan berbagai perlengkapan perang.

Di Museum Fatahillah Jakarta para Pengunjung dapat mempelajari dan mengetahui jejak sejarah Kota Jakarta yang di tertulis secara rinci berdasarkan hasil penelusuran sejarah kota Jakarta hingga berdirinya kota Jayakarta pada tahun 1527 silam.

Harga tiket masuk ke Museum Fatahillah Jakarta di banderol dengan harga yang sangat terjangkau yakni hanya seharga Rp 2 Ribu per Orang.

Museum Fatahilah terbuka untuk umum dan buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 Pagi sampai Pukul 15.00 Sore. Museum ini terbuka untuk publik setiap hari Selasa hingga Minggu, mulai dari pukul 9 pagi hingga 3 sore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar