Selasa, 03 Februari 2015

Legenda Masjid Si Pitung dan Sumur 3 Rasa Di Jakarta Utara


Masjid Al Alam atau biasa di sebut dengan Masjid Si Pitung yang letaknya berdekatan dengan rumah Si Pitung di kawasan Marunda Besar, Jakarta Utara ini tak hanya menyimpan kisah Si Pitung yang melegenda, namun juga Masjid ini terkenal dengan kisah sumur yang memiliki air sumur 3 rasa. 

Selama ini kawasan Jakarta Utara hanya terkenal dengan Pelabuhan Sunda Kelapa, Kawasan Wisata Ancol, dan Museum Bahari. Namun tak banyak warga Jakarta yang tahu jika di daerah Jakarta Utara juga menyimpan Rumah sejarah yang merupakan peninggalan Si Pitung atau Robin Hood ala Betawi.

Kampung Si Pitung yang terletak di Kampung Marunda Pulo, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara ini memiliki dua destinasi wisata yang bisa di kunjungi para Wisatawan yakni Masjid Al Alam dan Restoran Si Pitung.

Untuk menuju  kedua destinasi ini Anda harus melintasi jalanan yang letaknya agak terpencil, untuk melewati jalan ini Anda harus berjalan kaki karena kendaraan roda empat tidak bisa masuk melintasi jalanan ini.

Saat melintasi jalanan ini Anda tak perlu takut salah jalan karena di tempat wisata ini ada banyak papan penunjuk arah. 

Masjid Al Alam yang pernah menjadi tempat singgah si Pitung di Marunda ini menjadi tempat beribadah para jawara asal Betawi termasuk Si Pitung yang selalu menenangkan diri saat dikejar para kompeni Belanda. 

Selain dikenal dengan sejarah si Pitung masjid Al Alam juga terkenal dengan sumur 3 rasa yang berada tepat di samping Masjid si Pitung.

Untuk menyambangi Rumah di Pitung para wisatawan dapat mengambil jalan dan berbelok kearah kanan atau dari pertigaan Anda tinggal ambil jalan lurus.

Saat melintasi jalan setapak menuju Masjid si Pitung dan Rumah Si Pitung banyak  pengunjung yang merasa prihatin dengan kondisi Rawa di sekitar objek wisata yang kerap mengeluarkan bau yang tidak sedap dengan banyaknya sampah yang berserakan di mana – mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar