Rabu, 25 Februari 2015

Mengenal Chinatown Di Jakarta Sampai Tangerang


Selain Kota Singkawang dan Semarang, Jakarta pun memiliki komplek Chinatown yang selalu terlihat ramai terutama menjelang perayaan Imlek, kawasan Chinatown di Jakarta ini terletak di Petak 9 dan di kawasan Pecinan.

Saat menginjakkan kaki di kawasan ini Anda akan menjumpai Bangunan  Kelenteng yang berhiaskan atribut berwarna merah menyala.

Untuk menyaksikan kemeriahan Perayaan Imlek Anda tak perlu jauh – jauh berkunjung ke Thiongkok, sebagian besar Masyarakat Jakarta dan sekitarnya kerap berwisata ke Pecinan yang berada di kawasan Petak 9 Glodok dan Pasar Lama Tangerang.

Kawasan Petak 9 dan Pasar Lama selama ini di kenal sebagai komplek Orang Thionghoa, tak heran jika menjelang perayaan Imlek kawasan ini akan di hiasi oleh kerlap kerlip lampu lampion dan pernak – pernik cantik di sekitar Klenteng yang berwarna Merah menyala.


Konon menurut sejarah sebelum bangsa Belanda datang ke Batavia, Etnis Thionghoa sudah terlebih dahulu tinggal di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa dan sekitarnya.

Tak heran jika selama ini kawasan Glodok menjadi salah satu pusat perekonomian terbesar di Jakarta termasuk Jalan Kemenangan dan komplek Chinatown Jakarta ,  Petak 9.

Di Petak 9 para wisatawan dapat melihat bangunan Kelenteng Jin De Yi, Jin De Yuan, Toa Se Bio, serta beberapa Kelenteng bersejarah lainnya. 

Di sepanjang jalanan Petak 9 banyak di jumpai berbagai penjual pernak – pernik , jajanan khas China, lampu hiasan khas Imlek mulai dari Kertas hiasan, pajangan – pajangan cantik yang sangat menarik.

Bagi Anda yang belum mengetahui kawasan Petak 9 Anda bisa mencari informasi di kawasan Glodok sesampainya di kawasan ini Anda akan menjumpai sebuah Gang besar dengan Gapura khas yang berdiri di atasnya, di sebelah kiri jalan berdiri Rumah Makan Padang Anda bisa menyusuri jalan tersebut hingga sampai di kawasan Chinatown Jakarta, Petak 9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar